Breaking News
Loading...
Jumat, 15 Agustus 2014

Penyebab Hangus Kampas Kopling Vixion

Entah kenapa sampai sekarang problem kampas kopling Yamaha Vixion hangus masih terus aja ada. Bukan cuma pengguna pemula, tapi penunggang lama Vixion pun ada juga yang ngalamin kampas gosong.
Sampai sekarang pun belum ada solusi yang pas untuk mengatasi masalah di kampas kopling Vixion itu. Tapi,ada beberapa faktor penentu nasib disc Yamaha Vixion bermasalah.
“Ada komponen yang sepertinya bisa jadi penyebab kampas kopling hangus,Belum tentu motor yang bermasalah.
Yuk diurut kemungkinan sebab dan solusi kampas kopling Vixion hangus. Kasus Aus diketahui kalau salah satu sering ditemukan kampas kopling hangus di Vixion karena penggunanya.
Sering gantung handel kopling jadi sebab kampas selip. Menekan handel kopling setengah berakibat tekanan pressure clutch alias piring penekan di rumah kopling enggak menekan sempurna. Kemungkinan besar ada dua per kopling ada yang enggak maksimal menekan.
“Paling benar, kopling ditekan penuh atau dilepas sekalian. Itu yang benar,”
Problem lain karena judder spring yang bentuknya mirip ring diameter besar. Pastinya judder spring menahan gerakan kampas kopling supaya enggak loncat-loncat waktu handel kopling ditekan atau dilepas. “Kalau clearance waktu gerakan axial kampas saat bekerja enggak sempurna, malah kampas kopling aman. Tapi, clearancenya sempurna malah bikin kampas kopling selip,”
Ada beberapa saran kalau ada gejala kopling hangus coba judder spring dilepas. Terus, ambil kampas kopling yang ukurannya sama , untuk menambah jumlah kampas kopling Vixion
Memang melepas judder spring dan tambah kampas bisa lebih responsif. Problem lain muncul. Judder spring bukan cuma menahan loncatan kampas kopling, tapi juga meredam akselerasi dan deselerasi saat perpindahan gigi.
“Pastinya saat mesin di rpm atas seperti terjadi selip. Terus, stut kopling sedikit menekan meski posisi handel bebas. Kampas kopling jadi tetap bekerja. Usia kampas kopling cepat habis “
Sebaiknya judder spring( P/N.3C1-E6384-00 DAN 3C1-E6383-00 ) tetap dibutuhkan. Memang, generasi Motor lawas tidak mengaplikasi judder spring, tapi enggak problem kampas kopling hangus. “Soalnya generasi Sebelumnya cc dan rpm-nya rendah dibanding Vixion. Judder spring di Vixion untuk mereduksi rpm. Tanpa judder spring pastinya usia kampas kopling pendek,”
Problem lain mungkin muncul setelah ganti kampas kopling. Pemasangan yang salah bikin kampas kopling enggak bergesek sempurna dengan pelat kopling. “Sepintas dua biji judder spring bisa dipasang ke arah mana saja. Padahal, posisinya harus benar supaya enggak problem,”
Kalau dicek dan diraba kedua judder spring beda,yang satu jenisnya PLATE/datar dan satunya lagi SRING/melengkung atauseperti ketekuk. Waktu pasang mesti berlawanan. Yang datar ke dalam bak kopling, yang SRING/Cekunganya posisinya keluar. Karena saling berlawanan, judder spring bikin daya pegas.
Pegas dari judder spring mengurangi beban gesek saat pindah gigi di rpm menengah atas. Andai salah pasang, beban langsung diterima kampas karena enggak ada daya pegas. Akhirnya, kampas kopling hangus
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Biasakan meninggalkan komentar ya, terimakasih

Daftar Isi

Tukar Link Otomatis

masukan link anda pada kolom dibawah, dan link anda akan otomatis muncul di halaman blog ini saat ini juga, terimakasih ..
Copyright © 2014 Yamaha V-ixion Club Pemalang All Right Reserved
Designed by Dhany GM_012